Aussie Terbenam Kejatuhan Saham China Dan Bijih Besi

Aussie Terbenam Kejatuhan Saham China Dan Bijih Besi

0 235
Berita kecemasan perekonomian China disertai kejatuhan harga bijih besi memukul turun perdagangan Aussie terhadap Dollar pada hari ini. Pasar saham China terus melemah walau telah mendapatkan serangkaian dukungan dari pemerintah. Ribuan saham, yang mencakup 45,6% dari total konstituen Shanghai Composite dan Shenzen Composite, bahkan membekukan perdagangannya seiring aksi jual pasar yang menjatuhkan harga-harga saham. Kondisi ini memperburuk sentimen pasar pada kondisi perekonomian China, yang menjadi rekan dagang utama Australia.

Semakin terpuruknya pasar bijih besi juga menjadi beban perdagangan Aussie-Dollar pada hari ini. Harga komoditas utama Aussie ini anjlok 5,1% ke level $49.60 per metrik ton di hari Selasa. Spekulasi perlambatan ekonomi China membuat bijih besi melemah 9 sesi beruntun ke level terendah sejak bulan April tahun 2013.

Valuasi Aussie juga terpukul perdagangannya dengan Yen. Mata uang Jepang yang dianggap sebagai salah satu aset safe haven menjadi incaran investor seiring krisis Yunani yang belum usai.

Sampai dengan pukul 14:00 WIB, pasangan AUDUSD terus melemah di kisaran 0.7382 di dekat level terendah harian 0.7376, dengan level tertinggi harian 0.7458. (YS)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply