Buruknya Stabilitas Politik, Lira Merosot

Buruknya Stabilitas Politik, Lira Merosot

0 557

Mata uang Turki juga merosot ke rekor terendah versus US Dollar. Lira terpengaruh oleh buruknya stabilitas politik dalam negeri juga karena dinamika ekonomi luar negeri.

Lira Turki jatuh ke rekor terendah dalam sesi perdagangan hari ini. Kombinasi antara buruknya kondisi politik domestik dan penurunan ekonomi China menjadi biang pelemahan kurs terhadap Dollar.

Lira melemah lebih dari 0,6% ke posisi 3.0686 per Dollar sesaat setelah pasar Istanbul dibuka. Lira menembus level rendah yang sebelumnya tercapai Kamis lalu di posisi 3.0653 per Dollar. Jelang waktu pemilu yang kurang dari dua bulan lagi, pemerintah Turki mengalami kekerasan dan konflik berantai dengan Partai Pekerja Kurdistan. Perang ini telah menewaskan ratusan aparat, masyarakat sipil dan militan Kurdi.

Nilai tukar Lira semakin surut karena belum ada tanda-tanda kemajuan ekonomi dari wilayah China. Apabila situasi tidak berubah, maka rating kredit negeri ini terancam diturunkan. Fitch Ratings membuka kemungkinan pemangkasan revisi outlook rating hutangnya dari investment grade. Outlooknya sendiri berpotensi turun dari stabil menjadi negatif. Rating Turki versi Fitch sekarang berada di BBB- atau hanya satu tingkat di atas ‘junk’.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply