Euro Berbalik Melemah, Dollar Menguat Lagi

Euro Berbalik Melemah, Dollar Menguat Lagi

0 244
ib insta

Euro berbalik melemah pada perdagangan Jum’at sore seiring buruknya serentetan data ekonomi walaupun kekhawatiran seputar masalah utang Yunani telah mereda.

Pada hari sebelumnya telah terjadi perdebatan sengit yang berlangsung lama, para anggota parlemen Yunani melalui pemungutan suara akhirnya menyetujui paket reformasi yang diperlukan untuk memperoleh dana talangan. Paket reformasi tersebut adalah prasyarat terakhir sebelum Yunani dapat memulai perundingan dengan para kreditur mengenai dana talangan ke tiga yang bernilai kira-kira 86 miliar euro.

Perkembangan positif ini semakin menjauhkan Yunani dari kemungkinan keluar dari Zona Euro. Mata uang tunggal tersebut kemarin sempat sesaat menyentuh level tertinggi 1.1017 terhadap dollar menyusul kabar tersebut.

Gain euro kemudian terpangkas solidnya data ketenagakerjaan AS. Data jumlah klaim tunjangan pengangguran yang dirilis Depertemen Tenaga Kerja AS semalam menunjukkan penurunan sebesar 26.000 menyentuh level terendah sejak November 1973.

Saat ini euro melemah 0,4 persen di area $ 1,0944 pada pukul 16:20 wib, setelah sebelumnya meningkat 0,6 persen.

Data PMI yang dirilis negara German dan Prancis nampaknya sangat membebani mata uang euro untuk saat ini.

Yen masih stagnan di kisaran $ 123,94 melawan dollar.

Dollar menguat cukup tajam versus pound sterling. Tertekan lemahnya data penjualan ritel, pound terdepresiasi 0,2 persen di area 1.5487 terhadap dollar.

Diharapkan meningkat 0,4 persen, Retail Sales Inggris justru terkontraksi 0,2 persen di bulan Juni.

Aussie saat ini juga masih anjlok kelevel terdalam seiring jatuhnya harga-harga komoditas ekspor utama Australia, berakhir melemah 0,6 persen di kisaran 0.7289 terhadap dollar.

 

GrahaFX – IB resmi instaforex indonesia.

 

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply