Euro Melemah Jelang FOMC, Pembahasan Yunani Terbaru

Euro Melemah Jelang FOMC, Pembahasan Yunani Terbaru

0 215

Pergerakan pasangan mata uang EUR/USD sedikit melemah pada hari Selasa, mengembalikan beberapa penguatannya dari sesi sebelumya, seiring investor fokus pada waktu kenaikan suku bunga dari Federal Reserve dan dimulainya serangkaian pembahasan terbaru yang terkait dengan bailout Yunani.

Pasangan mata uang tersebut diperdagangan dikisaran ketat di antara 1.1022 – 1.11 pada hari Selasa, sebelum berakhir di 1.1056, turun sebesar 30 poin atau 0.27%. Setelah turun untuk mendekati level 1.08 terhadap rekannya dari Amerika pada pertengahan bulan ini, euro telah reli lebih dari 2% terhadap dollar selama satu setengah pekan lalu.

EUR/USD kemungkinan akan dapatkan level support di 1.0808 yang merupakan level terendah sejak 20 Juli dan level resistennya berada di 1.1129, level tertinggi mulai dari 27 Juli.

Di Washington, Federal Open Market Committe memulai pertemuan selama dua hari di bulan Juli sejak kemarin setelah The Fed mengumumkan bahwa mereka secara tidak sengaja mempublikasikan perkiraan staff di situs mereka yang mengungkapkan bahwa staff ekonomi mengantisipasi kenaikan sebesar 25 bps di beberapa titik di tahun ini. Pekan lalu, presiden Fed St. Louis James Bullard mengatakan bahwa ada 50% kesempatan bahwa the Fed akan naikan suku bunga di pertemuan bulan September. Hampir satu dekade telah berlalu sejak bank sentral AS menaikan suku bunga acuannya. Setelah itu suku bunga jangka pendek masih di level antara nol sampai 0.25% sejak akhir krisis keuangan.

Di Athena, keamanan diperketat di seluruh kota menjelang kedatangan troika yang merupakan kreditur internasional Yunani untuk melakukan pembicaraan putaran akhir bailout untuk periode tiga tahun. Para kreditur dari European Commision, European Central Bank dan International Monetery Fund diperkirakan akan menyelesaikan pekerjaan teknis pada diskusi bailout di hari Jumat, ucap seorang pajabat dari kementrian keuangan Yunani. Pemerintah Yunani pada pekan lalu mengatakan bahwa mereka berharap bahwa kesepakatan pada usulan bailout sebesar 86 miliar euro melalui European Stability Mechanism (ESM) dapat diselesaikan pada akhir Agustus.

(fsyl)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply