Inflasi Inggris Kembali nol pada Juni

Inflasi Inggris Kembali nol pada Juni

0 223
Tingkat inflasi Inggris meluncur turun kembali ke level nol pada bulan Juni lalu, dipimpin oleh kemerosotan harga makanan dan pakaian, sedangkan inflasi inti negara tersebut jatuh hingga setara dengan level rendah 14 tahun. Stagnasi dalam harga-harga pokok tersebut terjadi setelah kenaikan sebanyak 0.1 persen pada bulan Mei, dan sesuai dengan estimasi para ekonom. Inflasi Inti di Inggris anjlok ke 0.8 persen dari 0.9 persen. Angka tersebut sama dengan perolehan pada bulan April, yang terendah sejak Maret 2001.

Data ini dilaporkan bersamaan dengan persiapan yang dilakukan oleh Gubernur Bank Sentral Inggris (BOE), Mark Carney, beserta jajaran pembuat kebijakan demi menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari parlemen perihal outlook ekonomi. Sementara inflasi masih jauh di bahwa target BOE 2 persen, para pejabat BOE lebih memilih untuk fokus pada pasar tenaga kerja, dengan data pada hari Rabu ini menunjukkan perkiraan akan kenaikan pendapatan masyarakat dalam laju yang tercepat sejak enam tahun terakhir.

Poundsterling sempat merosot setelah laporan ini, kemerosotan untuk hari kedua, dan diperdagangkan pada 1.5463 terhadap Dolar AS pada pukul 9:43 pagi waktu London. Pair GBP/USD kemudian tampak terkonsolidasi naik ke posisi 1.5491. Sedangkan EUR/GBP menunjukkan ke posisi 0.7119.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply