Pasar Fokus NFP Malam Ini

Pasar Fokus NFP Malam Ini

0 244
ib insta

Dolar diperdagangkan telah melemah melawan mata uang mayor lainnya pada sesi Kamis setelah laporan ekonomi AS agak lemah dan karena investor mulai memfokuskan pandangan pada data Nonfarm Payrolls hari ini.

USDJPY  kembali melamah di area $ 113,64 pada pukul 16:30 wib.

 

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback enam mata uang utama, turun 0,43% pada 97,78. Institute of Supply Management mengatakan indeks manajer pembelian non-manufaktur  jatuh ke 53,4 bulan lalu dari 53,5 pada Januari, dibandingkan dengan perkiraan untuk pembacaan 53,2.

Biro Sensus AS mengatakan pesanan pabrik periode Januari meningkat 1,6%, lebih buruk dari perkiraan 2,0%. Pesanan pabrik turun 2,9% pada bulan Desember.

Pada sesi yang sama Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran awal pada pekan yang berakhir 27 Februari meningkat 6.000 menjadi 278.000 dari total pekan sebelumnya dari 272.000.

Euro naik tipis ke area $ 1,0961, setelah sebelumnya ditutup flat.

Data pada sesi Kamis menunjukkan bahwa penjualan ritel zona euro meningkat sebesar 0,4% pada Januari, di atas perkiraan untuk kenaikan 0,1%. Untuk tahun-ke-tahun, penjualan ritel naik 2,0% pada bulan Januari, mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan sebesar 1,3% dan setelah naik 2,1% pada bulan sebelumnya.

Tapi euro tetap berada di bawah tekanan setelah anggota dewan Bank Sentral Eropa (ECB) Benoit Coeure mengisyaratkan bahwa ECB akan melonggarkan kebijakan moneter bulan ini. Coeure mengatakan langkah itu “penting” untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan inflasi setelah harga di zona euro turun 0,2% pada bulan Februari.

Dolar juga melemah terhadap pound dan franc Swiss, dengan GBPUSD naik 0,48% di 1,4145 dan USDCHF turun 0,49% di 0,9917. Markit mengatakan indeks manajer pembelian sektor jasa turun menjadi 52,7 bulan lalu dari pembacaan 55,6 pada bulan Januari. Ini adalah angka terendah sejak Maret 2013.

Sterling turun 0,3 persen di area $ 1,4141, setelah sebelumnya melonjak lebih dari 1 persen.

Dolar Australia saat ini menyentuh ke tertinggi sejak 2016, naik 0,2 persen di area $ 0,7374 setelah sebelumnya menguat sekitar 1 persen. ditopang penguatan data seperti GDP dan Trade Balance.

Aussie terus mendapat dukungan setelah Biro Statistik Australia melaporkan bahwa defisit perdagangan menyempit menjadi A $ 2,937 miliar pada bulan Januari dari A $ 3,524 miliar pada bulan Desember. Defisit perdagangan diprediksi akan menyempit ke A $ 3,100 miliar pada Januari. Data lain yaitu penjualan ritel Australia untuk Januari naik 0,3%, lebih rendah dari 0,4% yang diperkirakan ekonom.

Fokus pasar hari ini adalah data Nonfarm Payrolls dan Unemployment Rate. Elemen penting dari data ini yang belakangan menjadi perhatian para pelaku pasar adalah Average Hourly Eanigns yang mengalami peningkatan. Data-data ini merupakan data yang terus dicermati the Fed meskipun bank sentral AS sudah menyampaikan sektor ketenagakerjaan sudah mencapai tingkat optimal dalam kaitannya dengan wacana kenaikan suku bunga di tahun ini. Jika melihat dari data ADP yang rilis dua hari lalu, data-data nanti malam dapat menjadi faktor yang akan membuat dolar kembali menguat hari ini.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply