Pound Melonjak Ditopang Output Industri

Pound Melonjak Ditopang Output Industri

0 217

Pound sterling diperdagangkan melonjak ke level tertinggi dua pekan terhadap dollar, seiring dukungan dari solidnya data industri Inggris.

Pound sterling saat ini naik 0,1 persen ke area $ 1,5332 pada pukul 15:32 wib, setelah sebelumnya naik sekitar 1 persen.

Output industri Inggris melonjak satu persen di bulan Agustus, jauh lebih tinggi dari yang diprediksikan para analis. Demikian pula output manufaktur, naik melebihi ekspektasi sebesar 0,5 persen di bulan Agustus.

Solidnya data menumbuhkan optimisme terhadap pound menjelang rapat kebijakan moneter Bank Sentral Inggris (BOE) hari ini. Meski kemungkinan besar belum akan mengubah kebijakan moneternya kali ini, BOE diharapkan akan memberikan tambahan petunjuk mengenai kapan mereka akan menaikkan suku bunganya.

Dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian Inggris saat ini, kenaikan suku bunga diprediksikan akan terwujud pada semester pertama tahun depan. Bahkan, bukan tidak mungkin, suku bunga BOE akan naik pada bulan Februari jika data ekonomi memungkinkan.

Di sisi lain, dollar tertekan menurunnya ekspektasi naiknya suku bunga The Fed tahun ini. Terutama setelah laporan ketenagakerjaan AS bulan September yang dirilis mengecewakan pekan lalu.

Euro saat ini meningkat 0,6 persen di area $ 1,1293.

Dolar melemah 0,3 persen ke area $ 119,77 melawan Yen, penurunan ke 3 hari berturut-turut.

Sementara itu Aussie melemah 0,3 persen di area $ 0,7184, setelah diperdagangkan menguat dalam 6 hari berturut-turut.

Perhatian kini tertuju pada publikasi minutes (risalah) rapat FOMC bulan September lalu. Para pelaku pasar berharap akan ada tambahan petunjuk tentang kemungkinan naiknya suku bunga bank sentral sebelum akhir tahun ini.

 

Grahafx.com IB paling resmi instaforex indonesia.

Dapatkan Bonus Deposit 160%

http://www.grahafx.com/promo/promo-bonus-160

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply