Pound Sterling Menguat, Nantikan Data Konstruksi

Pound Sterling Menguat, Nantikan Data Konstruksi

0 246
Jelang dibukanya sesi perdagangan Eropa, setelah melemah di awal pekan kemarin pound sterling kembali menguat terhadap dollar. Meski aktivitas manufaktur Inggris bulan Juli dilaporkan meningkat, namun sterling tetap melemah di hari Senin akibat ketangguhan dollar merespon data inflasi AS.

Inflasi inti AS yang dilihat melalui indeks Personal Consumtion Expenditure (PCE) naik 1,3% di bulan Juli dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara untuk bulan Juni direvisi naik menjadi 1,3% dari rilis awal 1,2%. Untuk periode month-on-month inflasi naik sebesar 0,1%. Indeks PCE ini dikabarkan merupakan acuan inflasi yang digunakan oleh Federal Reserve AS, sehingga kenaikan indeks tersebut turut meningkatkan ekspektasi kenaikan suku bunga di bulan September.

Fokus pasangan mata uang sterling-dollar hari ini tertuju pada data aktivitas sektor konstruksi Inggris bulan Juli, yang diperkirakan naik menjadi 58,6 dari bulan Juni sebesar 58,1. Sementara untuk pekan ini, perhatian tertuju pada rapat moneter Bank of England (BoE) hari Kamis. Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Gubernur BoE, Mark Carney, mengisyaratkan kenaikan suku bunga semakin dekat, dan memberikan indikasi kenaikan akan terjadi di pergantian tahun.

Hingga pukul 13.30 WIB, GBPUSD diperdagangkan dikisaran 1.5614, menjauhi level terendah harian 1.5571

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply