Takut Krisis Yunani, Investor enggan koleksi Euro

Takut Krisis Yunani, Investor enggan koleksi Euro

0 212
ib instaforex indonesia

Nilai tukar Euro melemah terhadap Dollar dan Yen di sesi perdagangan Asia hari ini. Investor enggan mengoleksi mata uang tunggal Eropa karena takut akan berita negatif dari hasil pertemuan menteri keuangan tingkat tinggi di Brussel beberapa jam ke depan.

Euro sempat anjlok sampai 1.1133 per US Dollar atau level terendahnya sejak 5 Mei 2015 sebelum memantul lagi ke 1.1147. Padahal di sesi terakhir Jumat lalu, Euro masih bertengger di 1.1207 per Dollar. Sementara terhadap Yen, Euro terpantau di 133.65 setelah sempat menyentuh 133.49.

Euro melemah karena pelaku pasar tidak yakin akan ada keputusan bagus soal krisis Yunani dalam pertemuan hari ini. Terlebih lagi, investor sudah meng-cover posisi jual mereka pekan lalu sehingga dibutuhkan suntikan motivasi baru agar Euro kembali disukai.

Pada akhir pekan kemarin, muncul kabar bahwa Yunani kemungkinan bisa default dalam waktu dekat. Spekulasi itu merebak pasca keluarnya komentar dari Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble di media lokal, Frankfurter Allgemeine. Menurut Schaeuble, negara manapun bisa mengalami kebangkrutan bila berada dalam posisi Yunani, seperti yang pernah terjadi dalam sejarah perekonomian dunia. Pasar uang bisa semakin bergejolak apabila pertemuan menteri keuangan Eropa kembali deadlock. Nilai tukar Euro kini terpantau di 1.1158 per Dollar dan 133.82 per Yen. (dim)

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply