Walopun Terkoreksi, Namun Sempat Rebound Oleh Carry Trade

Walopun Terkoreksi, Namun Sempat Rebound Oleh Carry Trade

0 243
ib insta

Bangkitnya kekhawatiran melambatnya roda perekononomian terbesar ke dua di dunia tersebut akibat lemahnya data ekonomi China.

Aktivitas manufaktur China yang dirilis pada Selasa menyusut di bulan Agustus ke level terendah dalam tiga tahun, dari 50 menjadi 49,7. Angka indeks di bawah 50 mengindikasikan terkontraksinya sektor yang bersangkutan.

Kekhawatiran ini kembali memicu jatuhnya bursa saham yang berujung pada melemahnya pula dollar versus sebagian rivalnya.

Dari AS sendiri, data The Institute of Supply Management menunjukkan indeks aktivitas manufaktur turun dari 52,7 menjadi 51,1 di bulan Agustus, terendah sejak Mei 2013. Demikian pula indeks aktivitas manufaktur AS dari Markit, turun menjadi 53 di bulan Agustus, terendah sejak Oktober 2013.

Buruknya data AS menambah keraguan seputar rencana kenaikan suku bunga The Fed pada rapat kebijakan bulan ini.

Terhadap dollar, euro saat ini melemah 0,3 persen di area $1,1280 pada pukul 11:35 wib, setelah kemarin sempat rebound dan melambung hingga 1.1331 atau lebih dari 1 persen.

Lonjakan penguatan tajam juga dibukukan yen. Didorong arus carry trade dan safe-haven, yen berakhir menguat hampir 2 persen, dan saat ini kembali terkoreksi tajam 0,8 persen di area $ 120,20.

Carry trade adalah transaksi yang memanfaatkan mata uang bersuku bunga rendah untuk membeli mata uang bersuku bunga lebih tinggi.

Sebaliknya, dollar Australia kembali terpuruk seiring lemahnya data ekonomi China. Aussie ambles hingga 0.7014 terhadap dollar, level terendah baru sejak April 2009. Dan kini kemudian bertahan mnguat 0,1 persen di area $ 0,7028.

Sementara sesuai ekspektasi, Bank Sentral Australia (RBA) kemarin memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya di rekor terendah 2,00 persen.

Meleset dari ekspektasi pasar, indeks PMI manufaktur Inggris turun dari 51,9 menjadi 51,4 di bulan Agustus

Gain juga dibukukan dollar atas pound sterling. Tertekan lemahnya data aktivitas manufaktur, pound berakhir melemah 0,3 persen, dan saat ini bertahan menguat tipis di area $ 1,5311.

GrahaFX.com IB paling resmi instaforex indonesia.

.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply