Yen Menguat, Dollar As Melemah Ke Level Terendah 15 Bulan

Yen Menguat, Dollar As Melemah Ke Level Terendah 15 Bulan

0 172
ib insta

Yen diperdagangkan terus menguat ke level tertinggi 15 bulan terhadap dollar As pada hari Selasa seiring kembali melemahnya harga minyak mentah dunia dan keraguan akan efektivitas kebijakan bunga negatif Bank of Japan sehingga kembali mendorong para investor untuk memburu mata uang safe-haven seperti yen.

Yen saat ini menguat tajam sekitar 1 persen di area $ 114,72 melawan dolar As pada pukul 13:17 wib, menguat sekitar 6 persen di pekan ini.

Setelah menguat semalam, harga minyak mentah dunia kembali jatuh dan mempengaruhi keyakinan investor serta menghapus risk appetite.

Pengumuman yang mengejutkan dari Bank of Japan pada tanggal 29 Januari lalu  dengan memangkas suku bunga ke area minus 0,1 persen berhasil mendorong penguatan dollar hingga 2 persen. Namun sejak itu pasar kembali membeli yen dan menjual dollar.

Penerapan suku bunga negatif sebenarnya diharapkan akan memperlemah yen karena para investor pada dasarnya harus membayar sejumlah uang pada bank sentral Jepang. Namun kebijakan skala kecil tersebut hanya berdampak pada sejumlah deposito tertentu, sementara kekhawatiran pelambatan ekonomi global seolah menafikan aksi Bank of Japan.

Yen berhasil menguat terhadap USD sampai detik ini, ke level tertinggi sejak pertengahan November 2014.

Euro saat ini bertahan naik tipis 0,2 persen di area $ 1,1213, setelah sebelumnya naik 0,5 persen.
Sementara itu poundsterling turun 0,2 persen ke area $ 1,4419.
Disusul Aussie melemah 0,4 persen ke area $ 0,7041.
GrahaFX IB Resmi Instaforex Indonesia.

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply